Social Icons

Jumat, 29 September 2017

Pengenalan Pemrograman Web dan Postman


Hallo kawan-kawan, kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Pemrograman Web, Response, Request, dan Method nya. Bicara soal Web pasti selalu berhubungan dengan yang namanya internet. Dalam Internet terdapat sebuah protocol yaitu HTTP, nah dalam Web tentu melibatkan 2 pihak yaitu Client dan Web Server yang saling berkomunikasi. Langsung aja deh ke intinya, Checkidot.
Apa sih Pemrograman Web ?
Bagaimana Komunikasi yang terjadi di protocol HTTP pada Web ?


A. Pengertian Pemrograman Web
Pemrograman web merupakan salah satu cara membuat web dengan implementasi kode-kode bahasa pemrograman yang dapat berjalan di server. Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman web ini antara lain HTML, PHP, Javascript, ASP dan lain-lain. Pada pemrograman web terdapat 2 sisi programming. Yang pertama itu Client side programming, client side programming itu proses dilakukan pada sisi client (browser), script programnya dapat dilihat hanya dengan menggunakan view source. Script tergantung pada browser, bila browser tidak mendukung script, maka hasil tidak akan terlihat. Yang kedua itu Server side programming  yaitu proses dilakukan pada sisi server, tidak tergantung pada browser, script programnya tidak dapat terlihat sehingga lebih aman dan dapat melakukan konektifitas dengan database, dapat juga memanipulasi.
Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server.

Gambar 1.1 Siklus Request dan Response pada HTTP



Siklus Request dan Response pada protocol HTTP umumnya terlihat seperti ini:
  1. Seorang pengguna mengunjungi URL dari sebuah situs web.
  2. Hal ini menciptakan permintaan yang diarahkan ke web server melalui internet (jaringan DNS itu, router dan switch) melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  3. Web server menerima permintaan HTTP dan merespon pengguna dengan halaman web (atau isi) yang diminta.
  •  Request

Request adalah sebuah kegiatan yang terjadi dalam interaksi atau komunikasi pada jaringan internet yang dalam hal ini adalah jaringan web. Request terjadi ketika aplikasi web berkomunikasi dengan perangkat client dengan menggunakan protocol HTTP.

Setiap kali kita mengklik link dan mengunjungi halaman web, di belakang layar akan membuat request dari link yang kita klik, dan pada gilirannya si client akan menerima response dari web server. Perhatikan bahwa permintaan HTTP dapat dilakukan melalui banyak saluran, bukan hanya web browser. Misalnya, permintaan HTTP dapat dibuat dengan menggunakan TELNET, atau klien ditulis dalam JAVA atau C # dll.

Sebagai web developer, daerah penting untuk dipahami adalah bagian method permintaan HTTP. Method ini memberitahu web server apa permintaan yang sedang dilakukan pada URI. Uniform Resource Identifier (URI) merupakan sebuah pengidentifikasi yang terdiri dari urutan karakter yang cocok dengan aturan-aturan tertentu yang digunakan untuk mengakses suatu resource.

Jadi jika kita mengetikkan URL www.google.com / sepakbola (misalnya). Anda meminta URI / sepakbola. Dalam URI / sepakbola permintaan HTTP harus menentukan metode HTTP.
Method porsi permintaan HTTP berisi opsi definisi sebagai berikut:  
1). OPTION
Pilihan ini berguna untuk mencari tahu mana metode HTTP dapat diakses oleh klien. Tergantung pada bagaimana web server kita mencoba untuk menyambung ke dikonfigurasi, administrator mungkin hanya memiliki POST dan GET metode HTTP diakses. Sementara metode HTTP lain seperti DELETE, TRACE, dll dinonaktifkan.
2). GET

Sebuah permintaan GET berfungsi untuk mengambil data dari web server dengan menentukan parameter di bagian URL dari permintaan.
3). POST

Sebuah permintaan HTTP POST memanfaatkan badan pesan untuk mengirim data ke server web. Atau POST juga bisa digunakan oleh Server untuk mengirim kembali ke Client.
4). PUT
PUT mirip dengan POST memanfaatkan badan pesan untuk mentransfer data. Namun ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya. PUT ini selalu ditetapkan untuk URI tertentu, artinya PUT berfungsi untuk memuat data untuk sumber daya itu.

Selain OPTION, GET, POST, dan PUT masih terdapat beberapa method lain seperti HEAD, DELETE, TRACE dan lain sebagainya.


  • Response
         Adalah sebuah kegiatan yang terjadi dalam interaksi atau komunikasi pada jaringan internet yang dalam hal ini adalah jaringan web. Response terjadi setelah perangkat client melakukan request ke web server, dimana setelah web server menerima request dari client web server akan meresponse apa yang diminta perangkat client. 
B. Installasi Postman  
Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara installasi dan contoh peran method dalam Postman, saya akan menjelaskan apa itu Postman ?. Postman merupakan sebuah aplikasi atau plugin untuk browser Chrome yang memiliki fungsi untuk menguji sebuah website, dan mengetahui komunikasi atau jalinana asmara (ciee jalinan asmara) antara Client dan Web Server. Next langkah-langkah untuk menginstall Postman yaitu :
1. Install dulu Google Chrome nya
2. Buka Google Chrome nya, lalu cari postman dengan mengetikan Postman pada pencarian google seperti ini
3. Selanjutnya klik add to Chrome lalu klik add app

4. Setelah aplikasi ditambahkan maka Chrome akan menampilkan aplikasi atau plugin yang terpasan pada Google Chrome

5. Lalu selanjutnya beralih ke Postman Interceptor. Install terlebih dahulu Postman Interceptor. Langkahnya seperti pada langkah 2 dan 3 hanya pada pencariannya ketikkan Postman Interceptor

6. Setelah Postman Interceptor terinstall, buka  Postman Interceptor, kemudian kita akan diminta untuk melakukan login jika kita sudah memiliki akun. Namun jika kita belum memiliki akunnya klik Sign Up dan isi formnya kemudian klik Sign Up (It’s Free)

7. Setelah masuk ke Postman Interceptor, aktifkan Postman pada Google Chrome, dan aktifkan pula Postman Interceptor nya

8. Setelah aplikasi dna plugin nya siap, kita coba postman dan postman interceptorny dengan cara login ke suatu website. Disini saya contohkan login ke Instagram

9. Maka pada Postman Interceptor akan muncul beberapa history ketia kita login Instagram
 
10. Pada history nya kita pilih sebuah Post atau Get yang ada. Contoh saya pilih salah satu Get. Setelah itu klik button Send yang berfungsi untuk mengirimkan pesan pada Postman. Kemudian Postman akan mengirim Feedback pada Postman Interceptor, yang kemudian akan tampil script daripada Instagramnya

C. KESIMPULAN
     Pemrograman web merupakan salah satu cara membuat web dengan implementasi kode-kode bahasa pemrograman yang dapat berjalan di server. Komunikasi antara Client dan Server terjadi dengan adanya Request dan Response.
        Postman digunakan untuk menguji sebuah website tanpa harus melibatkan orang lain, dan dapat digunakan untuk melihat komunikasi antara Client dan Server seperti apa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar