Social Icons

Kamis, 26 Oktober 2017

Instalasi Laravel

INSTALASI LARAVEL MENGGUNAKAN COMPOSER


  1. Dasar Teori
  2. Laravel adalah Framework PHP untuk melakukan pengembangan web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Laravel telah dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya, baik biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, serta memberikan sintaks ekspresif yang jelas dan set fungsi inti yang akan menghemat waktu pengerjaan.
    Laravel adalah salah satu dari beberapa kerangka bahasa pemrograman PHP yang menawarkan code modular. Hal ini dicapai melalui kombinasi driver dan sistem bundle-nya. Driver memungkinkan kita untuk dengan mudah mengubah dan memperluas caching, session, database, dan fungsi otentikasi. Penggunaan bundle mampu mengemas hingga segala jenis kode untuk digunakan kembali atau untuk memberikan kepada seluruh pengguna Laravel. Laravel sangat menarik, karena apapun yang ditulis dalam Laravel dapat dikemas dalam sebuah kemasan (McCool, 2012). 
    Untuk melakukan installasi laravel memiliki 2 cara installasi, pertama dengan menggunakan Composer dan kedua dengan cara download langsung file rar laravelnya kemudian di ekstract ke folder xampp/htdocs. Disini saya akan memberikan tutorial installasi laravel menggunakan Composer seperti berikut :

  3. Cara Installasi Laravel
Install Composer
Sebelum installasi composer, cek dulu versi phpnya seperti ini :
  1. Download Composer disini

  2. Double klik file tersebut sehingga muncul dialog setup install composer kemudian klik Next.

  3. Kemudian masukan path php yang sudah diinstal dikomputer. Disini dicontohkan path php nya yaitu di "C:/xampp/php/php.exe" kemudian klik Next.

  4. Untuk proxy setting kita kosongkan saja, lalu pilih Next.

  5. Jika versi php sudah memenuhi standar instalasi laravel, maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Kemudian klik install.

  6. Setelah proses installasi selesai klik finish.

  7. Jika sudah berhasil install composer, untuk mengecek apakan composer sudah berjalan dengan baik, buka command promt kemudian tuliskan “composer”. Jika berhasil composer akan tampil sebagai berikut.

Install Package Laravel

Setelah berhasil menginstal composer, kita akan menginstal package laravel. Buka command prompt kemudian arahkan derektori ke XAMPP/htdocs yang sudah di install.
Kemudian ketikan syntax berikut : 
Syntax diatas untuk mengunduh laravel dengan nama projek laravel dengan folder kelompok5 dan versi laravel "5.4.*". Kemudian tunggu sampai downloadnya selesai.
 Setelah proses download selesai, silahkan cek di folder htdocs apakah sudah ada folder dengan nama kelompok5, seperti pada gambar berikut :
 Untuk mengecek apakah laravel sudah terinstall yaitu dengan cara buka xampp-control kemudian centang apache dan mysql. Buka browser kemudian ketik http://localhost/kelompok5/public. Jika tampil sebuah tampilan seperti berikut, maka package laravel telah berhasil terinstall.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar