Social Icons

Senin, 11 November 2013

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013



Menyambut Hari Pahlawan, 10 November, hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak semua lapisan masyarakat untuk meneladani dan memelihara semangat para pahlawan.
"Selamat Hari Pahlawan, semoga di Indonesia kelak terus tumbuh pahlawan baru," kata Presiden SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono, yang diunggahnya beberapa saat lalu.
Meski jatuh pada hari Minggu (10/11), peringatan Hari Pahlawan Nasional kali ini secara serentak dilakukan di semua kantor
pemerintah di seluruh tanah air. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara Ziarah Nasional memperingatan Hari Pahlawan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.
Upacara peringatan di TMP Kalibata ini dihadiri oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono , para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, istri mantan Wakil Presiden Adam Malik, istri Adam Malik yaitu Nelly Adam Malik, dan keluarga para pahlawan revolusi Sutojo Siswomihardjo, S Parman, MT Haryono, Suprato, dan Ahmad Yani.
Tepat pukul 08.10 wib upacara dimulai dengan Presiden Yudhoyono yang bertindak selaku inspektur upacara menerima laporan komandan upacara Komandan upacara Kol Laut (P) Edwin. Lalu pada pukul 08.15 wib dibunyikan sirine selama satu menit untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.
Seusai mengheningkan cipta dan memberikan penghormatan bagi arwah para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan, Presiden Yudhoyono meletakkan karangan bunga dengan pita bertuliskan “Persembahan Bagimu Pahlawan” di tugu pahlawan.
Upacara di Sekretariat Negara
Sementara itu Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden, Garibaldi Sujatmiko, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di halaman Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Minggu (10/11).
Upacara dihadiri oleh ratusan pegawai negeri sipil (PNS) dari instansi pemerintah yang berkantor Istana Kepresidenan, yaitu Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, UKP4, Wantimpres, Staf Khusus Presiden, dan instansi-instansi pemerintah di sekitar Istana Negara, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana Bencana (BNPB), Kemenko Kesra, Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas), dan Kemenko Perekonomian.
(Humas Setkab/ES)
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi selaku Ketua Panitia Perayaan Hari-Hari Nasional melalui surat tertanggal 31 Oktober 2013 meminta kepada para Pimpinan Lembaga Negara; para Menteri; Panglima TNI; Kapolri; Jaksa Agung; Gubernur Bank Indonesia; para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian; para Gubernur, Bupati, dan Walikota di Seluruh Indonesia; para pimpinan BUMN/BUMD; dan para Kepala Perwakilan RI di Luar Negeri untuk menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di lingkungan kerja masing-masing pada Minggu (10/11), pukul 08.00 waktu setempat.
“Upacara dilaksanakan dalam suasana khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengacu pada Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2013,” tulis Mensesneg.
Dalam Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2013 itu disebutkan, tema Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 ini adalah “Pahlawanku Idolaku”. ”
Kegiatan pokok Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 yang akan dilaksanakan di tingkat Pusat adalah; 1. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara; 2. Pidato Menteri Sosial pada 9 November 2013 pukul 19.00 WIB yang disiarkan oleh TVRI/RRI; 3. Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata pada 10 November pukul 08.00 WIB; 4. Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2013 pukul 08.00 WIB; 5. Hening Cipta selama 60 detik pada 10 November 2013 pukul 08.15 secara serentak di seluruh Indonesia; 6. Upacara Bendera di masing-masing instansi pemerintah yang diisi dengan membacakan Amanat/Pidato Menteri Sosial pada 10 November 2013 pukul 08.00 waktu detempat; dan 7. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah pada 10 November 2013.
Adapun kegiatan pokok Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 yang harus dilaksanakan di daerah adalah: 1. Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan / Makam  Pahlawan Nasional pada 10 November 2013 jam 08.00 waktu setempat; 2. Upacara Tabur Bunga di Laut pada 10 November 2013 pukul 08.00 waktu setempat (apabila dimungkinkan); 3. Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat bersamaan dengan berlangsungnya Upacara Bendera, Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dan Tabur Bunga di Laut, 10 November 2013; 4. Upacara Bendera di Instansi-Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan dengan Pidato / Sambutan Pembina Upacara yang diharapkan membacakan Sambutan Menteri Sosial RI dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2013; dan 5. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah, kantor dan lingkungan pemukiman penduduk pada 10 November 2013.
Selain kegiatan pokok tersebut, Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 bisa diisi dengan kegiatan tambahan, di antaranya Ziarah di Taman Makan Pahlawan, dan Ramah Tamah Gubernur, Bupati/Walikota dengan keluarga para Pahlawan, Perintis Kemerdekaan, dan Pejuang.
Sumber : http://www.kopertis12.or.id/2013/11/09/peringatan-hari-pahlawan-10-november-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar